Apa Itu Multisite Dan Apa Bedanya Dengan WordPress Biasa

Temukan perbedaan antara WordPress biasa dan Multisite. Pilih platform sesuai kebutuhan Anda untuk manajemen situs web yang efisien.

WordPress adalah platform manajemen konten yang sangat populer digunakan untuk membuat dan mengelola situs web. Namun, mungkin banyak dari kita belum sepenuhnya memahami konsep WordPress Multisite dan bagaimana berbedanya dengan WordPress biasa.

WordPress Biasa

WordPress biasa adalah platform yang digunakan untuk membuat satu situs web per instalasi. Ini berarti setiap instalasi WordPress mendukung satu situs web tunggal. Pengguna dapat membuat dan mengelola situs web mereka dengan mudah menggunakan antarmuka pengguna yang ramah pengguna dan beragam tema serta plugin yang tersedia.

Meskipun WordPress biasa memungkinkan pengguna untuk membuat situs web yang kuat dan berfungsional, ada batasan ketika pengguna ingin mengelola beberapa situs web secara bersamaan atau memberikan kontrol yang lebih besar ke administrator situs.

WordPress Multisite

WordPress Multisite, di sisi lain, adalah fitur bawaan dari WordPress yang memungkinkan pengguna untuk membuat dan mengelola beberapa situs web dari satu instalasi WordPress. Dengan WordPress Multisite, administrator dapat membuat situs web baru dengan cepat dan memberikan akses kontrol kepada pengguna lain untuk mengelola situs web mereka sendiri. Semua situs web dalam jaringan Multisite berbagi satu instalasi inti WordPress, tetapi memiliki basis data dan direktori file yang terpisah.

Perbedaan Utama

Banyak Situs dalam Satu Instalasi

  • WordPress biasa mendukung satu situs per instalasi.
  • WordPress Multisite memungkinkan pengguna untuk membuat dan mengelola beberapa situs web dari satu instalasi.

Basis Data Terpisah

  • WordPress biasa menggunakan satu basis data untuk satu situs.
  • WordPress Multisite menggunakan satu basis data untuk semua situs dalam jaringan, tetapi setiap situs memiliki tabel basis data terpisah.

Pengelolaan yang Lebih Efisien

  • WordPress Multisite memungkinkan administrator untuk mengelola semua situs web dari satu dasbor.
  • WordPress biasa memerlukan instalasi dan pengelolaan terpisah untuk setiap situs.

Pengaturan dan Tema yang Dibagikan

  • WordPress Multisite memungkinkan pengguna untuk menggunakan tema dan plugin yang dibagikan di seluruh jaringan.
  • WordPress biasa memerlukan instalasi tema dan plugin untuk setiap situs secara terpisah.

Dengan memahami perbedaan antara WordPress biasa dan WordPress Multisite, pengguna dapat memilih platform yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Jika hanya satu situs yang diperlukan, WordPress biasa mungkin lebih cocok, tetapi jika ada kebutuhan untuk mengelola beberapa situs web dari satu dasbor, WordPress Multisite dapat menjadi pilihan yang lebih efisien.

Product and Service

Dapatkan plugin dan tema wordpress, produk microsoft dan sourcecode sistem dengan lisensi resmi. Hindari penggunaan bajakan untuk resiko di masa depan.

Temukan kisah para pekerja penuh gairah dengan pendekatan tak konvensional, menggabungkan keanehan dan efisiensi dalam produktivitas mereka.

Chat WhatsApp
WhatsApp