Cara Hapus Distro Linux dari WSL

Subsistem Windows untuk Linux (WSL) memungkinkan Anda menghapus sepenuhnya distribusi Linux apa pun (misalnya, Ubuntu, Kali, Mint, dan Debian) setidaknya dengan tiga cara, baik Anda menggunakan Windows 11 atau Windows 10.

Karena distro Linux tersedia melalui Microsoft Store, mereka dianggap sebagai aplikasi, yang berarti Anda dapat menggunakan aplikasi Pengaturan dan perintah Windows Package Manager (winget) untuk menghapus instalasi distribusi apa pun.

Anda juga dapat menggunakan opsi –unregister dengan alat wsl.exe, tetapi opsi ini hanya mereset instance Linux tanpa menghapus file. Namun, perintah ini akan menghapus distribusi yang Anda pulihkan dari cadangan.

Jika Anda ingin menghapus distribusi Linux dari WSL pada Windows 10, ikuti langkah-langkah sederhana ini

1. Buka PowerShell

Buka PowerShell sebagai Administrator. Klik kanan pada ikon PowerShell dan pilih “Jalankan sebagai Administrator.”

2. Lihat Daftar Distro Linux

Gunakan perintah berikut untuk melihat daftar distribusi Linux yang terpasang di WSL dan atat nama distro Linux yang ingin Anda hapus.

wsl --list

3. Hapus Distro Linux

Gunakan perintah berikut untuk menghapus distribusi Linux tertentu (gantilah [DistroName] dengan nama distribusi yang ingin dihapus).

wsl --unregister DistroName

Contoh:

wsl --unregister Ubuntu

4. Verifikasi Penghapusan

Gunakan kembali perintah wsl –list untuk memastikan distribusi Linux telah dihapus.

Dengan langkah-langkah ini, Anda dapat dengan mudah menghapus distribusi Linux yang tidak diperlukan dari WSL pada Windows 10.

Pastikan untuk memeriksa daftar distribusi sebelum dan sesudah penghapusan untuk memastikan bahwa proses berjalan lancar.

Temukan kisah para pekerja penuh gairah dengan pendekatan tak konvensional, menggabungkan keanehan dan efisiensi dalam produktivitas mereka.

Anda mungkin juga menyukainya
Chat WhatsApp
WhatsApp